Tips Agar Terbiasa Sholat Tahajud

- Pertama, jangan memperbanyak makan dan minum
Salah seorang ahli ibadah mengatakan, “Wahai para hamba, janganlah kalian memperbanyak makan dan banyak minum, lalu kalian akan banyak tidur, sehingga akan terhalang mendapat banyak kebaikan, dan kalian pun akan merugi. Selanjutnya, kalian akan menyesal menjelang kematian!”

- Kedua, jangan menguras tenaga di waktu siang
Suatu hal yang akan membantu Anda mengerjakan shalat malam adalah jangan memforsir tenaga di waktu siang saat bekerja, sekolah, kuliah atau aktivitas lainnya. Coba, meluangkan sedikit kesempatan untuk istirahat atau tidur sejenak.


- Ketiga, hindari maksiat
Salah seorang tabiin mengatakan, “Janganlah kalian mendurhakai (berbuat maksiat kepada) Allah di waktu pagi, niscaya kalian akan mampu mengerjakan shalat malam."

- Keempat, lakukan dengan bertahap
Semangat yang teratur merupakan pintu gerbang menuju pelaksanaan ibadah ini dengan sukses. Mulailah dengan dua rakaat ringan dan terus menekuninya jangan sampai terlewat. Lalu tambah rakaat setahap demi tahap.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air- mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)”. (Adz-Dzariyat:17)

Saudaraku, mari bersama Allah di saat-saat malam, sebab tiada kenikmatan di dunia kecuali dengan rintihan tengah malam.


Wallahu’alam. Semoga bermanfaat :)

Deixe o seu comentario

Posting Komentar